Jakarta, (Tagar 22/11/2017) – Wakil Ketua Fraksi Nasdem, Jhonny G. Plate mengklaim belum mendapatkan surat undangan dari Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) terkait rapat internal konsultasi dengan semua fraksi DPR.

Padahal,Ā MKDĀ mengaku sudah mengirimkan undangan pada semua fraksi terkait adanya laporan dugaan pelanggaran kode etik Setya Novanto sebagai Ketua DPR.

“Belum di undang, bagaimana kita berasumsi? IniĀ kanĀ masih dalamĀ kasusĀ hukum, kita harus pada kasus hukum, jangan sampai dia menjadi atau digiring jadi kasus politik,” jelasnya di Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (22/11).

Namun, Jhonny yang juga SekretarisĀ NasdemĀ ini, tidak akan mendesak MKD untuk segera mengadakan rapat ataupun mengambil keputusan. Karena khawatir jika ada desakan fraksi partai, akan menggiring kasus ke ranahĀ politikĀ bukan hukum.

“Kalau mendesak MKD, kami menggiring dia menjadi kasus politik. Nah, kita inginĀ gakasusĀ hukumĀ ini menjadi kasus politik? Kami tidak inginkan ini menjadi kasus politik. Kami ingin menjaga marwah dan citra DPR,” tegasnya.

MKD sendiri mulanya berencana menggelar rapat internal dengan agenda konsultasi bersama seluruh fraksi partai pada Selasa (21/11). Namun, rapat ditunda dengan alasan tidak semua fraksi partai bisa hadir dalam agenda yang dijadwalkan mendadak tersebut. (nhn)