Kak Agus Sudarwanto, Berawal dari Tim Sukses Kini Pimpin DPC NasDem Kalikajar

14 Oktober 2021

JATENG.NASDEM.ID – Konsistensi dalam berorganisasi tidak pernah mengkhianati hasil. Bergabung di Partai NasDem sejak Pemilu 2014, Kak Agus Sudarwanto kini menapaki posisi sebagai Ketua DPC Kalikajar. Awalnya, dia menjadi tim sukses dari caleg Kak Wisnu Ibet Pradana, yang saat itu baru pertama kali bertarung di kontestasi Pileg 2014 silam.

Sebagai tim sukses, dia berkewajiban untuk ‘mempromosikan’ caleg yang diusungnya agar dikenal dan mendapat dukungan dari masyarakat. Bersyukur, caleg yang dijagokan, Kak Ibet berhasil dalam kontestasi tersebut dan sekarang menjadi anggota DPRD Wonosobo untuk kedua kalinya, bahkan menjadi Ketua DPD Partai NasDem Wonosobo.

Saat itu, upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan partai sekaligus caleg tanpa mengenal waktu. Terlebih kontur wilayah daerah Kalikajar berada di daerah pegunungan dan pertanian, sehingga tim harus pintar-pintar memilih waktu agar bisa mengumpulkan orang untuk menyosialisasikan sang calon.

“Mengenang awal bergabung di Partai NasDem memang penuh perjuangan. Belum banyak masyarakat yang mengenal partai ini, jadi kita dituntut untuk kerja keras untuk itu,” ujar Kak Agus, warga Desa Maduretno.

Terlebih saat itu belum ada kepengurusan tingkat desa yang terbentuk. Jadi perjuangannya bersama tim dirasakan lebih keras lagi. Namun, semua rasa lelah terbayarkan saat semuanya membuahkan hasil.

Dalam perkembangannya sekarang, Kak Agus didapuk menjadi Ketua DPC Kalikajar. Posisi ini tentunya memiliki konsekuensi untuk mengembangkan partai lebih daripada sebelumnya. Upaya untuk membentuk DPRt terus dilakukan. Ia berkeyakinan dengan terbentuknya DPRt akan mempermudah menjalankan roda organisasi.

“Kondisi saat ini memang menjadi kendala untuk membentuk DPRt, terlebih masyarakat masih terdampak pandemi sehingga disamping lebih mengutamakan kebutuhan pribadi, juga masih ada kendala untuk mengumpulkan orang. Makanya sekarang kita masih pelan-pelan untuk membentuk DPRt,” ujar Kak Agus saat berbincang di kantor DPD.

Meski begitu, dia menyakini setelah situasi pandemi mereda, maka gerakan partai akan lebih terlihat dinamis dan menggeliat. Terlebih menjelang pemilu mendatang, diyakini akan semakin terlihat animo dari masyarakat.

Data yang ada di kantor DPD Partai NasDem per awal Oktober , untuk DPC Kalikajar mencatat jumlah e-KTA tertinggi di Kabupaten Wonosobo, yaitu sebanyak 1.434 anggota dan sudah terbentuk 21 DPRt yang artinya sudah seluruh desa/kelurahan terbentuk DPRt. (NJ25)