Peran Pemuda dan Milenial dalam Menyongsong Pemilu 2024

27 Desember 2021

Oleh: Gatot Priambodo Agusta, Wakil Ketua Bidang Pemilih Pemula dan Milenial DPD NasDem Kabupaten Jepara

PEMILU tahun 2024 mungkin masih lama di kalender, namun bagi partai politik seperti NasDem, pemilu sudah di depan mata. Perlu gerakan nyata untuk terus mempersiapkan pemilu yang semakin dekat tiap harinya.

Meski masih terbilang masih belia dalam politik, namun saya menilai bahwa peran pemuda dalam pemilu tak bisa dinafikan. Peluang generasi milenial di masa yang akan datang di tahun 2024 dapat menjadi salah satu sektor penting dalam panggung demokrasi perpolitikan.

Selain itu, peran generasi muda/milenial dapat menjadi salah satu kekuatan politik dalam membangun dan memperkuat gerakan restorasi politik seperti yang digagas oleh NasDem. Tak berlebihan jika mengatakan bahwa NasDem merupakan partai yang sangat ideal bagi para pemuda yang masih memegang idealismenya.

Salah satu upaya nyata yang terus dilakukan oleh NasDem adalah melibatkan anak muda dalam berbagai kegiatan politik. Beberapa waktu lalu, kami baru saja menggelar diskusi ringan tentang politik bersama para pemuda di Kabupaten Jepara.

Menurut saya ini sangat penting sebagai dasar pengetahuan pada generasi pemuda tentang gerakan politik di Indonesia terlebih dalam menyongsong pemilu tahun 2024 mendatang.

Sebagai generasi milenial yang memiliki kesadaran dalam berfikir, sudah sewajarnya ikut andil dalam mengawal, mengawasi serta berperan dalam ruang lingkup politik, karena lada dasarnya ruang tersebut adalah sebagai ruang dalam mengakselerasikan sebuah bentuk gagasan politik yang bijak.

Generasi muda juga sudah saatnya untuk mengisi pos-pos penting dalam pemerintahan. Karena pemuda juga membutuhkan pemimpin yang dapat merepresentasikan dirinya dalam pemerintahan. Untuk itu, hadirnya pemuda dalam pemerintahan diharapkan dapat membawa angin segar atau ide baru demi Indonesia yang kebih baik.

Liga Mahasiswa NasDem Jepara terus berupaya memperkuat DPD Partai NasDem Kabupaten Jepara dalam mengawal, memberikan pemahaman dan gagasan mengenai peran pemuda, juga generasi milenial untuk turut serta dalam mengawal kebijakan demokrasi di negara Indonesia.