Kak Suharnoto Berlatar TNI, Jadi Anggota DPRD Banyumas Siap Perjuangkan Guru Honorer

10 Desember 2021

JATENG.NASDEM.ID – Setelah resmi dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten Banyumas pada Rabu (8/12) lalu, Kak Suharnoto tancap gas untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat, khususnya para guru honorer.

“Harapan saya, akan saya sampaikan aspirasi yang selama ini dari partai maupun masyarakat terutama di bidang Komisi IV terkait pendidikan terutama guru honorer dan zonasi. Termasuk tunjangan yang lain,” kata Kak Suharnoto, Kamis (9/12).

Demi memperjuangkan hal tersebut, kini Kak Suharnoto tengah mengikuti kunjungan kerja ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI untuk menyalurkan aspirasi.

“Kebetulan hari ini saya berangkat ke Jakarta, untuk menyampaikan aspirasi yang selama ini sudah ditampung dan akan kamu sampaikan ke Kemenpan,” kata lekaki yang menjabat Ketua Bappilu DPD NasDem Banyumas ini.

Bergabung dengan NasDem pada tahun 2018, Kak Suharnoto merupakan purnawirawan TNI Angkatan Darat. “Saya basic dari TNI AD Purnawirawan dari tahun 1983-1993 di batalyon tempur,” katanya menceritakan.

Kak Suhartono pernah menjadi anggota intelijen, pada kurun waktu 1993-2017 di Korem 071, yang wilayahnya meliputi Karesidenan Pekalongan dan Banyumas. “Lalu saya pensiun tahun 2017 dan mencalonkan diri dari kostranas dan melalui NasDem tahun 2018,” kata Kak Suharnoto mengenang.

Bernagkat dari Dapil 2 Kabupaten Banyumas, Kak Suharnoto mendapat peringkat kedua setelah almarhum Kak Irwan Budi Santosa. Sepeninggalan Kak Joni, panggilan akrab Kak Irwan, Kak Suharnoto kemudian dilantik sebagai anggota dewan pengganti antar waktu (PAW).

Pengabdian Kak Suharnoto pada masyarakat juga tampak dari keseriusan menjadi ketua RT di lingkungan rumahnya. Kiprahnya di NasDem juga tak main-main. “Awal saya masuk sebagai Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan. Lalu pergantian jabatan struktural saya ditempatkan di Bappilu,” ujar ayah dua anak ini.

Kini, di periode pertama di DPRD Banyumas Kak Suharnoto berkomitmen untuk terus melaksanakan tupoksinya sebagai anggota dewan, tanpa meninggalkan tugas sebagai pengurus partai.

“Di DPRD saya akan menyerap aspirasi masyarakat dan memperjuangkan sesuai harapan masyarakat. Sebagai Bappilu, tentu saya juga berharap agar Partai NasDem agar bisa mendapat tambahan kursi, dari 2 kursi bisa mendapatkan kepercayaan di masyarakat untuk Pemilu 2024 mendatang,” pungkasnya.